Monday 9 August 2010

No Pasaran



Dolores Ibarruri, wanita muda Penentang Rezim Fasisme. Ketika Kota Madrid terkepung pasukan Franco dan Pasukan NAZI Jerman mulai mendarat di Pantai-Pantai Spanyol tahun 1937. Ia sendiri memimpin penduduk kota melawan kaum Fasis. Slogannya yang terkenal "No Pasaran"...!

“No pasaran!” Slogan ini dipopulerkan oleh Dolores Ibarruri Gomez, orator dan pemimpin partai komunis Spanyol, di kala perang saudara antara kaum republikan-komunis dan kaum nasionalis-fasis sebentar sebelum pecahnya perang dunia kedua. Sejarah mencatat, kaum nasionalis di bawah pimpinan Jenderal Franco berhasil merebut Madrid setelah tiga tahun pengepungan dan memenangkan keseluruhan perang.

Namun ‘No Pasaran!’, ‘They Shall Not Pass!’, justru terkristalkan pemakaiannya jadi slogan antifasis internasional. Konon, ini slogan didaur ulang dari seru perang serupa yang dipekikkan Marsekal Petain di Perancis semasa perang dunia pertama melawan Jerman “Ils ne passeront pas!!”. Yang lebih konon lagi, dalam adaptasi layar lebar The Lord of The Rings, kita mendengar Gandalf the Grey menguarkan ucapan serupa di muka Balrog sebelum meruntuhkan jembatan batu di mana Balrog berdiri “YOU shall not pass!”.

1 comment:

Anonymous said...

sekarang lagi banyak dipake sama
UAF
organisasi anti fasis di inggris...
saya juga tau nya dari sana...
search di google...nyasar disini...
salam kenal aja ya..