Thursday 17 November 2011

Rahasia Kehebatan Suharto


Rahasia Kehebatan Suharto :

Suharto itu orang yang tidak suka membaca, dia juga tidak suka menulis. Tapi ada satu kehebatannya yang membentuk dia menjadi manusia otentik dan mampu menguasai manusia lain, menguasai sistem masyarakat.

Suharto menjalani laku tapa meneng. Atau meditasi diam. Dia melatih meditasi diam, ini jenis pelatihan meditasi tingkat tinggi yang amat berat. Ilmu Meneng ini did...apatkan pada tahun 1936 dari Kyai Daryatmo, saat itu Harto mengalami titik terendah dalam kehidupannya, terutama soal orang tuanya. Ia terlahir dengan suasana batin yang sakit hati dan sepi dari rasa cinta.

Suatu malam ia dibawa pamannya ke rumah Kyai Daryatmo, dari sanalah ia kemudian belajar banyak tentang falsafah Jawa. Kata-kata : Ojo Lali, Ojo Kagetan dan Ojo Dumeh adalah fase-fase pengalaman batin yang harus ia lalui sebelum sampai pada tingkatan meneng.

Di bulan puasa sekitar tahun 1938, Suharto dipesankan untuk menjalani disiplin menjadi manusia Jawa sempurna, jadi Jawa dalam pengertian batin itu adalah Manusia yang bisa mengalahkan dirinya sendiri, laku dalam mengalahkan dirinya inilah yang mengantarkan pada kesempurnaan. Sampai tahun 1938 laku tapa meneng ini belum sempurna dijalani Suharto karena ia masih gagal mengendalikan pikirannya.

Suatu saat tatkala ia menjadi kadet KNIL di Gombong, ia melihat arus kali. Suharto merenung apa makna arus kali, Ada apa dengan arus kali, ia mengamati arus kali di belakang tangsi KNIL itu lama. Dari pengamatannya itu ia melihat bahwa alam adalah gambaran tentang jiwa manusia, di saat itulah kemudian Suharto menjadikan dirinya sebagai anak alam, ia melibatkan dirinya dengan alam, ia merasakan alam itu sendiri. Lalu di senin pagi, saat itu sedang ada cuti kadet, karena Suharto akan dipindahkan ke Bogor.. Ia duduk di belakang tangsi-nya itu, ia merenungi arus kali yang menggerus batu-batu, kenapa air bergerak dengan sunyi. Lalu ia melihat cahaya matahari pagi yang terpantulkan dari arus sungai, tap..! Suharto kemudian menemukan makna di balik tingkatan fase ilmu yang diberikan Kyai Daryatmo adalah : KESETIAAN, dalam definisi tertinggi kesetiaan itu adalah Rasa Sabar. Disinilah kemudian Suharto melandasi ilmu manusianya.

Tidak seperti Sukarno yang melibatkan dirinya dengan suasana hati manusia, maka Suharto mengalami kredo keterlibatannya justru pada alam. Suharto kemudian melatih ilmu meneng itu dalam segala bentuk meditasinya, ia diam, ia selalu memperhatikan, ia tidak pernah mengomentari apa-apa, ia hanya menuruti keadaan, karena keadaan akan membentuk dirinya sendiri dan keadaan yang terbentuk itu. “Hal terpenting dalam dirimu Harto, janganlah engkau menangis berlebihan, janganlah engkau tertawa berlebihan, karena sikap berlebihan akan mengaburkanmu pada situasi sesungguhnya, ia akan membawa jiwamu pada rasa lemah dan ragu” begitu nasihat Daryatmo setelah Suharto menggambarkan apa yang ia rasakan setelah ia bertemu Kyai Daryatmo setelah Indonesia Merdeka pada tahun 1946, saat itu Harto jadi Komandan Militer Yogyakarta yang baru saja merebut gudang senjata di Kotabaru Yogya. Suharto hanya menangis dua kali, saat kerbaunya terperosok di pematang sawah dan saat isterinya meninggal.

Tahun 1942 Harto mengalami periode yang amat berat, ia lari dari KNIL karena ia menolak untuk berperang untuk Jepang melawan sekutu, ia ke desanya. Disana hidup tanpa pekerjaan dan uang, ia terkena malaria. Ia merasa merepotkan orang lain, di tengah kehidupan yang amat berat itu ia kemudian melatih ilmu tapa meneng, Suharto bisa kuat dalam tiga hari tanpa makan, tanpa minum dan dalam setahun ia hanya makan nasi putih tanpa garam tanpa apapun.

Dari ilmu meneng yang kemudian dijalaninya itu semakin hari semakin ia bisa membaca tingkah laku manusia dan arah hidup manusia. Dari membaca tingkah laku manusia ia juga bisa membaca arah hidup masyarakat. Disinilah letak kunci ilmu tertinggi Suharto, dan sepanjang sejarah memang dialah yang menguasai Indonesia secara absolut selama 32 tahun tanpa jeda, ini tidak pernah disaingi oleh penguasa Nusantara manapun dalam sejarah Indonesia.

Banyak orang tidak tau, Suharto juga suka melakukan meditasi jalan. Ia bisa pernah jalan kaki dari Bogor dari ke Yogyakarta dan ini bukan hanya sekali, ia sangat kuat berjalan. Bahkan temannya pernah bercerita dalam satu minggu perjalanan Suharto tidak bicara apapun. Rosihan Anwar juga selalu mengulangi cerita saat ia bertemu dengan Suharto dan minta diantar ketemu Panglima Sudirman, dalam lebih sepuluh jam perjalan Suharto sama sekali tidak bicara, satu kali bicara saat Suharto mengambilkan kelapa muda kepada Rosihan Anwar dan membukakan dengan pisau komandonya, Suharto berkata “Silahkan diminum degan-nya” sambil tersenyum setelah itu Suharto diam terus.
Sikap diam Suharto inilah yang kemudian ia bisa membaca banyak situasi dari mulai Penangkapan Sudarsono atasannya sendiri dimana dia harus memihak, peristiwa Bambang Sugeng saat perebutan Panglima Diponegoro, peristiwa pemberontakan tiga daerah sampai peristiwa paling bersejarah dalam Indonesia modern : -Gestapu 65-.

Suharto juga punya ilmu terkenal namanya ‘Nyondro’ ilmu membaca gerak gerik wajah. Dari nyondro inilah kemudian Suharto bisa membaca orang yang dihadapinya ini kalah atau menang. Suharto kalau bersalaman selalu tangannya diatas, seperti tangan Sultan kepada bawahannya, sikap salaman ini yang tidak disenangi oleh Sri Sultan Hamengkubuwono IX bahkan beberapa kali Sri Sultan menghindari jabatan tangan, tapi kemudian Sultan berjabatan tangan dengan sikap equal satu sisi dan sempat dipotret saat itu Sultan sudah tidak jadi Wapres dan jadi Ketua KONI.

Suharto adalah orang yang amat ahli bahasa, bila Sukarno menggunakan bahasa untuk menyenangkan hati orang lain, maka Suharto menggunakan bahasa untuk membentuk hubungan komunikasi ‘antara siapa yang berkuasa dan siapa yang harus menurut’ itulah gaya bahasa yang pernah diciptakan Sultan Agung Hanyokrokusumo saat itu Sultan Agung ingin suku Sunda takluk dengan Jawa tapi dalam penaklukan sampai ke suasana batinnya, maka diciptakanlah bahasa halus Jawa, bahasa Krama Inggil, bahasa inilah yang juga memperhalus bahasa Sunda seperti yang kita lihat dalam bahasa Cianjuran atau Bahasa Sunda Sumedang. Suharto membentuk bahasa sebagai arahan alam pikiran, ia membuat kebijakan EYD, Ejaan Yang Disempurnakan, ia membentuk jargon-jargon kehilangan isi, sehingga terlihat membosankan, dalam keadaan membosankan itu sesungguhnya Suharto sudah menaklukkan gaya bahasa perlawanan.

Sikap Suharto juga mendua terhadap priyayi dan proletar, bila kepada priyayi ia akan berkompromi karena dalam dunia priyayi ia bisa menanamkan pengaruhnya, inilah kenapa bahasa WS Rendra ia diamkan, sementara bahasa Wiji Thukul langsung ia bunuh. Bahasa WS Rendra ia jadikan seakan-akan musuh, tapi ia tidak bunuh malah ia besarkan dan ia diamkan, tapi ketika kesadaran bahasa itu akan tumbuh di kalangan proletar, mereka yang tidak bermodal, mereka yang hanya memiliki satu-satunya senjata yaitu : Nyawanya maka mereka harus dibereskan.

Karena satu hal yang amat tidak disukai Suharto : REVOLUSI..............

19 comments:

Anonymous said...

lha org maniac gila kuasa maniac dukun mistis jadi presiden maka bgtlah jadnya

intan said...

Terus gunanya belajar ilmu jawa untuk apa? Jika hanya menjadi diktator.

Unknown said...

https://plus.google.com/108618885192261050643‎
oleh Budi Siswanto Polowiwi - dalam 25 lingkaran Google+
http://budisiswantopowiwi.blogspot.com/2013/08/rahasia-keberuntungan- .... http://belajarilmujawa.blogspot.com/2013/07/freemason-dan-illuminati-bag-4.html.

Anonymous said...

dengan begitu saya semakin sadar bahwa harto adalah orang yg sangat picik sama seperti pohon beringin dimana dimasa2 sedang tumbuh selalu menghisap dari pohon yg ditungganginya, dan ketika pohon beringin itu sudah kuat dan besar matilah pohon yg di tungganginya itu. BAGIKU BUNG KARNOLAH YG TERBAIK , YG MENYUARAKAN DENGAN LANTANG DAN TEGAS APA YG BELIAU RASAKAN. BUKAN DENGAN CARA MENJILAT DAN MENIPU ORANG LAIN(RAKYAT) UNTUK MENUTUPI KESALAHAN DIRI SENDIRI.

Unknown said...

bagaimanapun ,, soeharto adalah tokoh yang berhasil membangun tempatnya sendiri dalam sejarah indonesia , dengan segala kekurangan dan kelebihanya ,

Unknown said...

Sdh lh jgn slalu ingt buruknya. Setiap manusia punya nilai plus minusnya. Dan kita pun blum tentu lbih baik dari mereka. Dan kita blum tentu mampu seperti dia.

Unknown said...

betul bgt apa kata m.galang....
percuma kita saling mencela,lebih baik saling mendoa kan 1 sama lain biar kita semua hidup lebih bermanfaat....amin

Unknown said...

Obrigado opa harto

Unknown said...

Mslh topo mbisu?psti klian blm tau orang jawa?

Unknown said...

Mslh topo mbisu?psti klian blm tau orang jawa?

Kim Al Ghozali said...

pantes jadi diktator. ckckckck

Unknown said...

Legenda bangsa.....sakti tanpa mantra....cerdas tanpa tekhnologi....bergaul dengan dunia, tanpa bahasa inggris..

Unknown said...

Sampah kayak dia memang pantas mampus dengan keadaan mengerikan seprti yg Bangsat(soehartoTo!) alami! orng bangu komunikasi spya bisa menjalin hubungan kemanusiaan yg mendalam baik berempati, simpati dan toleran. bukan mengajarkan SIAPA YANG BERKUASA! DAN SIAPA YANG MENURUT! SAMPAH DIKTATOR KAYAK DIA HANYA MANIS DILUAR! HANCUR DIDALAM!

Unknown said...

Bapak Sukarno YESSS

Unknown said...

Bapak Sukarno YESSS

خموش المليباري said...

Sekedar infirasi pengalaman,,,,, bAhwa sgla urusan ada ilmu dan pngetahuan,nya
Sehingga ad hasil dr jerpyah nya, dan inti nya, mngolah nafsu ankara itu jauh lbih faidah. Agr tdk trjrumus pda jurang x kenistaan pda gmerlap nya dunia.,!!!

خموش المليباري said...

Sekedar infirasi pengalaman,,,,, bAhwa sgla urusan ada ilmu dan pngetahuan,nya
Sehingga ad hasil dr jerpyah nya, dan inti nya, mngolah nafsu ankara itu jauh lbih faidah. Agr tdk trjrumus pda jurang x kenistaan pda gmerlap nya dunia.,!!!

Unknown said...

Yang penting generasi milenials sekarang ini harus tau seobyektif mungkin siapa Soeharto dan Soekarno, karena dari dua orang pemimpin negeri inilah Indonesia masih ada samapi dengan hari ini..itu!

Unknown said...

🙂