Sunday, 2 December 2007

Antara Bintangin dan Tolak Angin
Oleh Anton

Kemarin saya lihat iklan di Televisi yang mempromosikan Bintangin. Gagasannya hebat sekali untuk menghantam Jamu Tolak Angin yang tagline terkenalnya adalah “Orang Pintar Minum Tolak Angin” Bintangin melakukan counter position dengan “Semua orang boleh minum Bintangin”. Gagasan ‘Orang pintar minum Tolak Angin’ seakan-akan mendorong jamu Tolak Angin jauh dari konstituennya, asing dengan tanah asalnya, jamu untuk obat rakyat.

Awalnya Tolak Angin membidik sasaran kelas menengah atas kota dengan ikon-nya Rheinald Kasali, Sophia Latjuba atau Ari Lasso namun sasaran itu menjadi mentah ketika ada celah yang ditemukan oleh lawan bisnisnya : Mengembalikan watak jamu sebagai obat rakyat.

Saya salut dengan cara cerdas Bintangin dalam melakukan pukulan iklan terhadap Jamu Tolak Angin, dan dipastikan Jamu Tolak Angin akan menjawabnya : Semangkin memperkukuh sebagai jamu kaum elite atau kembali sebagai jamu sebagai obat rakyat. Kita tunggu perubahan tagline dari Jamu Tolak Angin....

ANTON

No comments: