Monday 21 September 2009

Manifes

MANIFES KEBUDAYAAN ANTI HEGEMONI MODAL ATAS BUDAYA

DISUSUN : ANTON DJAKARTA


Bahwasanya kebudayaan merupakan bagian penting dari proses peradaban manusia dan kerja-kerja budaya harus diakui sebagai pembentukan kepribadian manusia maka kebudayaan yang bebas dan memiliki nuansa pembebasan manusia harus benar-benar dijaga. Kebudayaan adalah sarana terbaik dalam proses penyadaran manusia untuk menemukan kemanusiaannya, menghidupkan individuasinya dan menjadi obor penerangan dalam menyelesaikan persoalan-persoalan masyarakat serta membawa keberanian untuk menolak apapun yang melahirkan sistem yang menindas.

Kebudayaan bukan hanya milik orang yang hidup dalam totalitas kerja budaya dan merasa mengerti budaya tapi kebudayaan adalah milik semua orang, milik kesadaran semua orang yang memperhatikan gerak budaya dan kelahiran-kelahiran anak budaya sehingga kebudayaan tidak lagi ditaruh di dalam surga khayalnya kaum elitis dan modal tapi dibawa merakyat menjadi bagian dari kehidupan semua orang yang mau memasukinya.

Pembebasan kemanusiaan harus diletakkan sebagai landasan terpenting untuk memahami kebudayaan. Perjuangan pembebasan kemanusiaan dari keterasingan, keterkungkungan dan sistem yang menindas merupakan salah satu tonggak perlawanan bagi kaum yang sadar budaya.

Persoalan-persoalan masyarakat sedemikian peliknya, persoalan realitas kemasyarakatan menjadi tugas bagi kaum budayawan untuk diangkat sebagai ‘kesadaran bersama’ bangsa bahwa kita harus memperhatikan denyut nadi problematika rakyat banyak yang merupakan anak haram jadah dari sistem Orde Baru yang menindas, kebudayaan bisa dijadikan senjata dalam proses-proses penyadaran bahwa Indonesia Raya yang kita cintai sekarang merupakan jajahan Imperialisme Amerika, dengan budaya kita membangun kesadaran bahwa Indonesia Raya adalah bangsa yang mampu tegak melawan segala bentuk penjajahan dan sogokan.

Pada akhirnya budaya yang merupakan produk tertinggi dari kemanusiaan merupakan bentuk pencerahan manusia dalam menjalani kehidupan. Generasi muda harus terus menerus menjadi daun-daun baru pewaris kebudayaan Indonesia Raya yang berkesadaran Kapital dan tau persoalan-persoalan rakyat. . Kita adalah generasi yang harus lebih baik dari orang tua kita, dimana budaya dikorupsi menjadi alat kekuasaan dan alat modal. . HANCURKAN HEGEMONI BUDAYA YANG DICUKONGI KELOMPOK NEOLIBERALISME....!

No comments: