Saturday 22 October 2011

Andai Saya Ahli Agama


Andai Saya Ahli Agama

Andai Saya Ulama
Pendeta, Kyai atau Pandita
Maka pertama-tama yang saya kenalkan
adalah budi pekerti
karena dengan berbudi manusia bisa menjadi diri sendiri
dengan pekerti manusia mengenal watak Tuhan dalam diri

Watak Tuhan adalah watak kebaikan
Tuhan menciptakan segala bentuk hal beragam
untuk itulah kita disuruh saling mengenal
mengenal dan melindungi
agar kasih sayang dan cinta terjaga
bukan menghancurkan untuk yang tidak kita kenal
menghina yang tidak pernah kita tau
menghina hanya karena "katanya"

Iqro, bacalah........
adalah sakralitas pertama paling dasar bagi manusia
membacai kehidupan
membacai alam
membacai hal lain di luar diri sendiri
dengan itu menjadi mengerti
pemahaman akan membangun ketenangan
dan ketenangan akan menumbuhkan kebahagiaan

Percayalah....
Kebencian yang dibibitkan
Penghinaan yang tidak berpengetahuan
adalah awal dari seluruh kehancuran
dan bukankah manusia ditugaskan membangun bukan menghancurkan
membangun dari dirinya sendiri : kerna itu ia dilahirkan
membangun dari pikirannya sendiri : kerna itu ia belajar
membangun dari hati nuraninya : kerna itu ia beribadah

Andai aku seorang Ulama
Pendeta, Kyai atau Pandita
................................................


Anton, Februari 2011

No comments: