Sunday 16 October 2011

Sajak Pulang


Pulang pada tempat yang dikenang
Seribu masa lalu
Seribu cerita-cerita tentang kanak-kanak yang riang
Pulang....pulang pada tempat yang dikenang

Pulang, aku pulang
Dari pertarungan melawan dentaman kehidupan
Sejenak mengunjungi tempat aku dibesarkan
Tembok-tembok tua
rumah bapak dan paman
rumah tetangga yang rapuh dan kebun ilalang
jalan-jalan kecil, selokan dan bendungan
kelok-kelok menuju pelataran kelurahan
Sekolah dan rumah bekas pacar
Pulang....pulang pada tempat yang selalu kukenang

Aku akan datang
pada tanah tempat aku dilahirkan
dimana pasarnya adalah riuh keabadian
dengan bahasa yang aku kenal
bahasa ibu, bahasa kehidupan

Pulang....aku pulang
pada deretan jalan-jalan
macet dan gemetaran
suara bedug di langgar tua
langgar berhalaman pohon mangga dan kecapi

Aku pulang....
Karena aku selalu merumahkan kenangan-kenangan

No comments: