Friday 25 November 2011

Alam Sumatera Barat




Alam Sumatera Barat

Kampungku jauh di mata
pada selendang senja atau redup udara pagi
degup angin pelan-pelan menutup telinga
getar suara adzan di waktu subuh

Kampungku jauh di mata
terkenang bila aku duduk sendirian di beranda
pada kota sepi, dimana tak ada lagi ikatan-ikatan
Aku rindu pulang

Kampungku jauh di mata
Derai sudah air mata, kerna aku rindu bau tanah wangi setelah hujan
aku rindu tawa kawan-kawan di tepi surau
Pada pematang demi pematang
kita mencari belut dan tunas hijau

Rindu...Rindu..aku pada biru gunung
pada air bening seperti mata Tuhan yang menetes
Pada kicau burung di pagi waktu, pada nyanyian-nyanyian kegembiraan

kampungku...kampungku
kuning sawah, hijau daun
pelupuk mata ini menjadi layar lebar kenangan-kenangan

Pada senja yang turun
Pada matahari yang ranum
aku rindu pulang pada kampungku yang jauh di mata
tempat dimana Tuhan memberikan kedamaian.......

(ANTON DATUK TAN MALAKA)

No comments: