Saturday, 12 November 2011

Cerita Tentang Burung Elang..........



Elang adalah burung penguasa udara. Sayapnya yang kuat dan kekar mampu terbang cepat membelah angin melintasi pegunungan. Paruh dan cakar yang kuat serta sorot mata yang tajam mengindikasikan dialah predator angkasa nomor satu di dunia.

Namun tidak banyak orang yang tahu, dibalik kegagahan sang elang tersimpan misteri hidup yang menyakitkan. Elang dapat hidup cukup lama, yaitu sekitar 70 tahun. Namun, pada sekitar usia 40 tahun, elang dihadapkan pada 2 pilihan yang sangat berat. Pada usia tersebut elang mengalami proses penuaan pada organ tubuhnya. Cakarnya melemah, paruhnya memanjang, bulunya menebal, namun sayapnya melemah sehingga tidak mampu menopang tebalnya bulu yang tumbuh. Pilihannya adalah menyerah dan mati karena kondisinya atau berjuang untuk menjalani proses peremajaan yang sangat menyakitkan.

Untuk berubah menjadi remaja, elang yang sedang lemah akan terbang dan membuat sarang di puncak gunung yang sangat tinggi dan sepi, dalam kesepiannya ia berusaha melanjutkan hidup. Pada proses tersebut, elang akan mematuk-matukkan paruh dan cakarnya ke batu hingga semua terlepas dari tubuhnya. Elang pun harus menunggu hingga paruh dan cakar yang baru tumbuh. Dan ketika paruhnya sudah cukup kuat, elang akan mencabuti bulu-bulunya satu persatu menggunakan paruh tersebut. Proses yang menyakitkan itu terus dialami elang hingga 5 bulan lamanya. Pada akhirnya, elang pun dapat terbang kembali dan menjalani kehidupan barunya.

Belajar dari elang, setiap kita pasti mengalami masa-masa sulit dalam hidup dan kesulitan adalah konsekuensi dari pilihan kita, tapi dalam kesulitan kita ditempa untuk menjadi manusia yang sesungguhnya. Orang yang tegar dan terus berusaha pasti akan menemukan jalan keluarnya, sebaliknya yang pasrah akan kondisi dan terlarut dalam kesedihan akan mati ditelan masalah. Jadi.. belajarlah dari kegagalan, tinggalkan perilaku lama yang menyebabkan kegagalan. Jika ternyata kita mengalami kegagalan lagi, jangan lupa untuk bangkit kembali dan terus berusaha.....

Lalu kita hadir lagi di dunia, seperti Elang yang mengepakkan sayapnya. Bangun dari keterpurukan dan memenangkan semua persoalan hidup kita. Jadilah elang, dan selesaikan semua masalahmu dengan baik.


SELAMAT MALAM

No comments: