Wednesday 21 November 2007

Nama Panggilan Orang Tua

Nama Panggilan Orang Tua
Oleh Anton

Dulu waktu SD di tahun-tahun awal 80-an ada teman saya yang nyeletuk, “kalau elo udah manggil orang tua ‘‘mama papa’’ berarti elo juga harus les piano sore-sore, bukannya malah nyari kecu di comberan” lha apa hubungannya manggil kata ganti ortu sendiri dengan les piano atawa nyari kecu (kecu ini ikan kecil yang punya warna bagus tapi sering ada di comberan). Tapi belakangan saya mafhum kalo dimaksud teman saya ini kalo udah panggil ‘mama papa’ minimal elu musti kaya, atau anak orang kaya lha kaya dalam terminologi dia adalah kalo udah les piano sore-sore (cupet banget seh!). Gara-gara celetukan teman saya yang nggak bertanggung jawab dan rada-rada aneh kalo diikutin akhirnya pemahaman saya tentang panggilan ‘mama papa’ itu khusus panggilan orang tua buat anak orang kaya yang minimal mampu bayar guru musik buat les piano atau minimal punya piano.

Nggak lama setelah ‘fatwa’ sesat teman saya, ada kejadian lagi menyangkut persoalan manggil ‘mama papa’, saya punya temen waktu itu ngajak saya dan tiga temen lainnya ke rumahnya, buat baca komik terbaru donal bebek, Tintin dan Asterix. Saya diajak makan seadanya pake tempe ama tahu, udah gitu nasinya terpaksa rebutan karena kita bertiga ke rumah teman saya itu. Teman saya ini dari keluarga sederhana, tiba-tiba adiknya yang datang dari maen gundu dateng dan ngeliat gerombolan temen-temen kakaknya berusaha ngerampok makan siangnya dia marah “entar gue bilangin mama lho, si abang ama temen-temennya ngabisin nasi” saya yang denger kata mama dan udah diracunin pikirannya sama temen saya yang berterminologi kalo manggil mama itu orang kaya yang bisa les-sin piano anak-anaknya, langsung nyeletuk... “gile, lu makan tempe tapi manggil ibu lo pake mama,.. emang lu punya piano?” temen saya yang satunya lagi nambahin, “emang lu punya atari udah panggil pake mama segala?” temen saya yang mukanya merah padam karena malu disiksa pertanyaan nggak bertanggung jawab dan sebenarnya nggak kapabel itu langsung bela diri dikit “gue kan orang Manado!” waktu itu saya terdiam oh ternyata orang Manado musti wajib manggil mama, buat manggil ibu-nya. Jadi nggak ada hubungannya sama kemampuan bayarin anaknya les piano atau punya piano. Kesimpulan gue sambil ngangguk-angguk.

Perbendaharaan konflik makna ‘mama papa’ saya bertambah lagi saat denger lagunya Oma Irama yang bunyinya kira-kira gini “kau panggil aku papa, kupanggil engkau mama, ahaaa....”lho penggemar dangdut kok manggilnya ‘mama papa’? Bukannya dangdut musik yang suka didengerin abang-abang jual dagangan (maklum tahun itu masih 80-an awal gradasi dangdut mungkin masih pada level D) Apa jangan-jangan Oma Irama ada darah Manado-nya kayak temen gua yang kehabisan nasi tempo hari? Pikir saya dalem hati. Tapi alhamdulillah agak gedean dikit saya tahu bahwa Oma Irama sama sekali kagak ada darah manado-nya sebab dia asli Tasikmalaya, saya juga baru sadar panggilan nama ‘‘mama papa’’ buat orang tua adalah panggilan yang jamak dan nggak ada hubungannya dengan les piano, punya atari atau orang manado, tapi lebih masalah kultur.

Panggilan ‘‘mama papa’’ lebih dirasa lebih mengandung hubungan kasih sayang yang dekat dan terlihat agak lebih urban ketimbang manggil pake jalur tradisional seperti Bapak-Ibu, Baba-emak, babe-nyak, Pakne-Mbokne, Romo-Ibu, bapak-Mamak, Ayah-bunda, Abah- Ambu, Abi-Ummi, Papah-Mamah (kalo temen2 peranakan Tionghoa biasanya ditambah huruf ‘H’ itu panggilan khas peranakan udah ada dari jaman Diponegoro) . Untuk membuktikan keabsahan kasih sayang antara relasi anak- orang tua, coba bandingin kalimat “Pap, minta goceng dong..buat nonton neh!” dengan kalimat “Pak, minta goceng dong buat nonton neh...” yang pertama jelas itu panggilan relasi anak pada orangtuanya, tapi yang kedua belum tentu, bisa anak sama ortunya, bisa anak tetangga sama Pak ErTe, bisa juga preman yang lagi malak duit buat modal nonton bareng pacarnya yang dagang jambu. Atau ada lagi yang nanya ‘emangnya goceng cukup buat nonton...?’ Laen lagi ceritanya kalo panggilan ‘mom-dad’, yang agak States banget ketimbang ‘mama papa’ yang berbau Europeesch, nah kalo panggilan model gini sering saya denger pada waktu nonton TVRI pas film ‘Highway To Heaven’ tapi dalam kasus di Indonesia saya menemukan kejadian ada orang Indonesia manggil ortu-nya ‘mom-dad’, pelakunya tetangga saya yang ortu-nya baru aja pulang dari Amerika. Tetangga saya yang Ra’ab (arab) abis ini pertama kali saya anggap kurang ajar banget soalnya manggil nama Bapaknya pake nama langsung, saya langsung tegur sehabis dia ngobrol sama bapaknya “Gile lu, manggil ortu langsung nama, bokap lu emang namanya Deddy?” temen gue cuman mesam-mesem aja kayak ngemut permen nggak komen (tahun-tahun itu emang lagi beken nama deddy, bisa deddy mizwar, deddy dores, deddy dhukun, deddy rosadi, - nama paling belakang satpam kompleks). Belakangan hari saya tau bapaknya teman saya namanya Aswab Assegaf bukannya Deddy. Tapi cilakanya pikiran saya jadi bego lagi kalo manggil ortu ‘dad’ berarti lu habis pulang dari Amrik atau Bokap Nyokap lo pernah sekolah di Amrik atau minimal pengalaman kerja jadi kapster salon atau tukang cuci di deket-deket Tiffany, NY. Nah prasangka ‘Mom-Dad’ harus dari Amrik ini jadi sempet bikin runyam hubungan pertemanan antara saya dan temen saya yang logatnya Tegal banget ‘mblekutuk’ istilah Jawa-nya, si temen ‘mblekutuk’ ini manggil Bapaknya ‘Dad’ tapi dia baru aja pindah dari Brebes. Saya protes waktu dia denger manggil bapaknya, pake kata “dad” soalnya dia kan nggak pulang dari Amrik tapi pindahan dari Brebes kagak layak manggil ‘dad’ denger pendapat saya yang kampungan ini muka saya nyaris ditinju sama dia “Daddy-daddy inyong, arep inyong celuk apa terserah inyong, lha kepriben lhaa...!” teriak dia yang dalam bahasa jakartanya ‘Bokap-bokap gua, mo gua panggil apa terserah gua!!, ternyata Bapaknya teman saya ini tergila-gila film ‘Hunter’ dan nyuruh anaknya itu manggil dia pake ‘Dad’, tapi untuk ibunya boleh tetep ‘Emak’ itu pengakuan temen saya yang udah nggak marah lagi karena dia saya kasih es doger. Entahlah beberapa hari yang lalu saat saya nonton infotainment (ketauan banget NTD berat...Nothing To Do) Arzetti Bilbina eks model saat manggil suaminya ‘dad’ saya jadi inget temen saya yang dari Brebes, tapi saat itu pikiran saya nggak komplen apakah si Arzetti ini baru pulang dari states atawa cuman sempet jadi turis dadakan ke california, tapi lebih ke tampang suami Arzetti, saya sampe nyeletuk agak-agak jahat “buset manggilnya ‘Dad’ kalo tampang suaminya kayak Ari Wibowo sih oke, ini tampang suaminya Arzetti kayak tukang martabak manis depan pengkolan, kerenan tukang martabak manis malah” tapi pikiran jahat ini langsung gue tepis, itu hak dia kok lo yang usil!. Jadi perbendaharaan saya bertambah saat ini manggil ‘Dad’ nggak ada hubungannya sama tampang jadi ada kemungkinan kalo saya jadi ortu anak saya manggilnya ‘Dad’ karena tampang saya dijamin jauh lebih keren dari suaminya Arzetti, tapi 11-12 sama tukang martabak manis, gue 12, tukang martabak manis 11 (tukang martabak manis ini agak mirip-mirip Adjie Pangestu versi kampungnya) ... Atau gue suruh anak gue kelak manggil ‘Papa’ aja yah, soalnya gue sering ngaku asli Manado kalo ditanya asalnya darimana, ini juga gara-gara temen gue yang bilang kalo Manado tuh ganteng-ganteng, prinsip cowok Manado ‘biar duit ngana cekak yang penting ngana harus punya gaya’, jadilah gue bangga banget kalo ngaku dari Manado, walau tampang gue Batak banget padahal berdarah Jawa tulen...

ANTON

No comments: